Melipat Jarak dengan Mendaftar NPWP Online

Melipat Jarak dengan Mendaftar NPWP Online

Daftar NPWP online bukanlah hal yang sulit dilakukan. Persyaratan yang harus dipenuhi juga mudah didapat dan tidak perlu pengurusan yang ribet. Adanya pendaftaran NPWP secara online justru memudahkan warga negara yang memiliki kewajiban membayar pajak untuk dapat membayar pajaknya secara praktis dan tidak berbelit.

Langkah-langkah mendaftar NPWP online

Daftar NPWP online menjadi hasil dari kemajuan teknologi yang dimanfaatkan dengan bijak. NPWP ini wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia baik perorangan/ pribadi, perusahaan, koperasi, BUMN, firma, CV, PT, Persekutuan, kongsi, yayasan, organisasi massa dan politik, dan lain sebagainya.

Sebelum mendaftar, pastikan anda telah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas pendaftaran yang dibutuhkan antara satu wajib pajak dengan wajib pajak jenis yang lain pun berbeda, misalnya wajib pajak bagi orang pribadi non usahawan dengan wajib pajak orang pribadi usahawan.apalagi jika wajib pajak yang didaftarkan adalah wajib pajak badan. Akan berbeda berkas yang perlu dipersiapkan tergantung pada jenis usaha yang didaftarkan.

Langkah mendaftar NPWP adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi situs dirjen pajak di laman ereg.pajak.go.id/login
  2. Login atau sign in dengan mencantumkan alamat email yang masih aktif dan masukkan kode Captcha yang tertera. Ketika baru mendaftar, maka anda perlu membuka email anda terlebih dulu untuk melakukan verifikasi. Isi data diri, alamat email, dan pasword yang akan digunakan nanti
  3. Isi formulir registrasi data NPWP sesuai intruksi yang tertera, setelah itu, upload berkas-berkas yang diminta
  4. Lalu klik ‘simpan’. Setelah itu klik ‘minta token’ dan masukkan kode captcha yang tertera. Lalu klik ‘submit’ dan token akan terkirim secara otomatis ke alamat email yang digunakan.
  5. Buka kembali email anda, salin kode token yang telah dikirim, lalu tempel di halaman pendaftaran. Lalu klik kirim
  6. Disetujui atau tidaknya permohonan anda, akan diinformasikan melalui alamat email. Jika ditolak, maka anda perlu mengulang semua proses tersebut dari awal. Penolakan tersebut bisa jadi karena adanya beberapa data yang kurang lengkap. Jika disetujui, maka kartu NPWP anda akan segera dikirim ke alamat pemohon yang telah dicantumkan melalui pos.

 

Daftar NPWP online tentu sangat memudahkan para wajib pajak, apalagi status kartu NPWP juga berlaku seumur hidup. Sebagai warga negara yang baik, anda wajib memiliki kartu NPWP ini, apalagi bagi para pelaku usaha. Sayangnya, bisnis-bisnis yang tidak mencatat laporan keuangannya dengan baik, biasanya kesulitan untuk membayar pajak ini. Untuk itu, penting sekali untuk membuat laporan keuangan yang sistematis dan jelas. Namun di zaman yang serba mudah ini, anda tidak perlu bingung. Telah terdapat aplikasi yaitu BukuKas yang sangat dapat membantu anda dalam hal mencatat keuangan bisnis anda, terutama bagian pengeluaran dan pemasukan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mencatat hutang, jadi sangat memudahkan pencatatan anda secara detail dan keseluruhan.

 

 

Next Post

Is Drinking Recycled Water Safe?

It seems like every summer there are more reports of droughts affecting thousands of people. In times when it is more uncertain how to get access to clean, drinkable water, it is important to ask questions and know where your water will be coming from. Many people ask, is drinking […]
Is Drinking Recycled Water Safe?